Sobat Bangkit untuk Pasar Legi

Disadari atau tidak, stigma masyarakat terhadap pasar tradisional yang kumuh membuat pasar tradisional semakin tenggelam dibalik hiruk pikuk persaingan antara pasar tradisional dengan pasar modern. Stigma terhadap pasar ini tidak bisa dilepaskan dari pengelolaan pasar yang belum didukung dengan Standart Operation Procedure (SOP) yang jelas. Padahal dibalik semua kelemahan tersebut pasar tradisional tetaplah menjadi sebuah kebutuhan yang tidak dapat tergantikan. Pasar Tradisional menurut Dr. Ir. Arief Daryanto memiliki peranan yang tidak dapat tergantikan dengan pasar modern yakni yang pertama adanya suasana tawar menawar harga yang dapat menjalin kedekatan personal dan emosional antara penjual dan pembeli sehingga mewujudkan adanya kepercayaan antara pernjual dan pembeli. Kedua pedagang di pasar tradisonal sudah sangat mengetahui keinginan pelanggan terhadap barang yang ingin dibelinya. Ketiga pasar tradisonal mampu menawarkan produk yang diinginkan masyarakat dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan pasar modern, sehingga eksistensi pasar tradisional sangat mampu menjangkau konsumen dari semua kalangan, baik dari kalangan dengan pendapatan tinggi hingga kalangan dengan pendapatan rendah. Pasar tradisional hadir menjadi pelepas dahaga kalangan yang tidak mampu memenuhi kebutuhan dengan harga yang terlalu tinggi.

Selain permasalahan stigma terhadap pasar tradisional, pedagang dipasar juga sering kali menjadi ‘korban’ atas kelalaian dalam pelaksanaan prosedur pengawasan di pasar itu sendiri, walhasil pasar dan kebakaran pasar sering kali menjadi hal yang seringkali kita dengar, dan ‘konsleting listrik’ lah yang sering kali menjadi kambing hitam dibalik alasan kebakaran pasar ini. Sehingga tidak adanya upaya mencari tau lebih lanjut penyebab kebakaran serta evaluasi terhadap prosedur pengelolaan pasar tradisional yang kemudian membuat kesalahan yang sama terulang kembali di pasar yang lain.
Seperti halnya luka yang dialami oleh pedagang di Pasar Legi Surakarta pada hari Senin 29 Oktober 2018 dimana terjadi kebakaran hebat yang berlangsung kurang lebih 7 (tujuh hari) dan membakar dagangan para pedagang Pasar Legi. Kerugian materiil dan imaterill pun sangat mereka rasakan. Tidak mudah bagi para pedagang ini untuk kembali bangkit ditengah kerugiaan yang mereka alami. Namun buktinya api yang membakar harta benda mereka tak mampu membumi hanguskan semangat para pedagang Pasar Legi untuk menyambung kehidupan.

Pendirian pasar darurat adalah wujud nyata kepedulian pemerintah Kota Surakarta dan kebangkitan semangat para pedagang Pasar Legi. Pasar Legi dimata para pedagang bukan hanya sekedar tempat mencari penghidupan, namun lebih dari pada itu Pasar Legi adalah bagian penting dari kehidupan mereka. Bahkan salah satu pedagang es cendol di pasar itu berkata, “Saya tidak tahu lagi harus kemana kalau Pasar Legi ini tidak ada. Karena pasar legi adalah bagian penting hidup saya”.

Pasar merupakan bagian sejarah perkembangan pola interaksi sosial ekonomi masyarakat yang mewujudkan adanya ekonomi kerakyatan. Sehingga menjaga eksistensi Pasar Legi merupakan upaya kita dalam menjaga warisan kebudayaan Indonesia. Bukan hanya bangunannya melainkan juga semua pedagang beserta hasil bumi dan kulinernya, merupakan warisan kebudayaan yang tidak bisa kita tergantikan oleh Pasar Modern. Namun dalam membangkitkan kembali Pasar Legi perlu adanya inovasi yang nyata. Oleh karena itu kami Calon Penerima Manfaat Baktinusa 9 mendukung penuh gerakan sosial #kepasar yang bertujuan mengajak masyarakat luas untuk kembali kepasar guna memenuhi kebutuhan primer maupun sekunder.

Berbelanja kepasar terutama ke Pasar Legi bukan hanya wujud upaya membantu perekonomian pedagang Pasar Legi dan menjadikan kita sebagai Sobat Bangkit bagi Pasar Legi Surakarta melainkan juga sebuah upaya bagi kita dalam menjaga warisan budaya nenek moyang kita. Sobat Bangkit nantinya bukan hanya akan membantu pedagang Pasar Legi secara finansial melainkan juga menggagas digitalisasi pasar tradisional dengan cara membantu publikasi kebangkitan Pasar Legi melalui media sosial. Publikasi ini akan mencakup gambar, perbandingan harga ditempat lain dan manfaat dari hasil bumi yang dijual di pasar legi, kuliner dan jajanan pasar yang merupakan budaya asli dan juga bahan makanan lain yang dijual di Pasar Legi. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari Sobat Bangkit Pedagang Pasar Legi, terutama dari segi pemenuhan kebutuhan dengan harga yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan pasar modern, selain itu dari segi kualitas kebanyakan barang di pasar tradisional merupakan hasil bumi langsung dari para pedagang sehingga kemungkingan untuk diberi zat pengawet kecil, karena mereka merestock dagangan mereka setiap hari. Menjadi bagian dari Sobat Bangkit Pedagang Pasar Legi juga merupakan upaya kita menjaga warisan budaya di Indonesia, karena bangsa yang besar merupakan bangsa yang menghargai budayanya.

Ayo #kepasar karena aku percaya kontribusi nyata kita mampu mengantar pasar legi untuk kembali bangkit!

Advertisements

One thought on “Sobat Bangkit untuk Pasar Legi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s